Jumat, 22 Juli 2016

All about My Wedding: Undangan dan Souvenir

Hallooo.. kita lanjutin lagi yaa bahas nikahanku, semoga kalian belum bosen tentang pembahasan ini soalnya emang belum selesai-selesai bahas nikahannya padahal udah hampir satu tahun lewat, hahaha.. kali ini aku mau bahas tentang undangan dan souvenir.

Yang pertama undangan dulu yaa.. jadi aku pengennya tu undangannya yang temanya pink, ada foto preweddku, terus simple aja ngga usah yang bagus-bagus hardcover karena kan sebagus apapun undangan toh juga tetap akan berakhir di tempat sampah, tapi juga yang ngga jelek-jelek banget soalnya menurutku undangan itu semacam brosur, jadi kalo brosurnya udah gag menarik duluan, seperti udah ada gambaran kalo acaranya nanti juga akan biasa-biasa aja aka engga menarik.. so, undangan juga harus menarik agar para tamu yang diundang juga tertarik untuk hadir di acara kita.. begitu sih menurutku :)

Yaa, jadi aku udah survey di beberapa percetakan undangan di Klaten serta cari-cari online di Jogja.. ada sih yang bagus, tapi menurutku antara harga sama rupa kok ngga sesuai.. terus di Jogja ada satu yang bagus dan harganya lumayan reasonable lah yaa cuma ya ribet aja kalo harus sampe Jogja jadi aku mutusin untuk cari-cari lagi di Klaten.. karena emang persiapan nikahanku lama yaa sekitar setahun jadi aku punya waktu yang cukup leluasa untuk cari yang paling sesuai untukku.. sampe akhirnya aku iseng buka-buka fb nya Adinagta rias yang kupakai, terus sampai ke fb nya orang yang abis nikahan juga pake Adinagta, terus ada tag-tag an dia pake vendor mana aja dan sampailah pada undangan, dia pake Ijen Graphic.. yasudahlah lalu aku klik fb nya, aku hubungi contact nya.. yah begitulah cara kerja jejaring sosial beserta fungsinya, ehehe.. 

Nah setelah ngobrol-ngobrol sama mas nya yang punya Ijen Graphic, aku jelasin undangan seperti apa yang aku mau, berapa banyak, dll ternyata harganya sesuai sama budgetku.. lebih murah dari percetakan yang lain di Klaten yang sempet aku survey.. yaudah aku langsung dateng ke rumahnya buat nyerahin data-data dan konsep undangan yang aku mau.. jadi dia baru home industry gitu, percetakan kecil.. tapi yang pake udah banyak dan aku liat sample yang udah jadi sih lumayan bagus-bagus..

Setelah 10 hari design udah jadi dan aku syukaaa, mendekati yang aku mau lah.. softcover dengan kertas art carton tebal 310 gram, dilaminasi doft.. murah tapi gag terkesan murahan.. aku cuma merevisi sedikit aja sih.. dan akhirnya tepat 2 minggu sesuai yang dijanjikan undangannya udah jadi, oh iya ini juga dapet bonus plastik dan kartu ucapan terima kasih buat souvenir lhoh.. nah kan aku bikinnya undangan emang mendekati hari H biar undangannya kelihatan masih bagus dan bener-bener fresh from the oven gituuu pas dibagiin ke tamu undangan, terus souvenirnya kebetulan aku bikin sendiri biar hemat jadi otomatis souvenir ratusan kan mesti aku bikin sendiri, aku pasangin kartu ucapan terima kasih, aku minta sama masnya buat ngedahuluin kartu ucapan terima kasihnya, eh baru berapa hari kartunya udah jadi dan langsung diantar ke rumahku lhoh.. mas nya ini bener-bener baik deh.. jadi jangan underestimate duluan yaa sama home industry atau usaha kecil-kecilan dan menganggap mereka gag profesional.. toh usaha yang besar itu kan semua juga berawal dari yang kecil :)

Langsung saja ini dia undangannya, hasilnya bagus, memuaskan, dan temen-temenku yang notabene orang percetakan dan tau mengenai cetak juga bilang kalo cetakannya bagus, bersih, rapi :)



Next, kita lanjut bahas souvenir.. yupz seperti yang udah aku jelasin di atas, aku emang bikin sendiri souvenirnya aka DIY souvenir biar lebih hemat.. tapi beneran lhoo, aku udah survey ke beberapa tempat, souvenir yang aku mau tu harganya antara 3rb-4rb sedangkan kalo bikin sendiri ini budgetnya cuma 2 ribuan per pcs, lha terus dikalikan ratusan, kan lumayaaan.. hahaha dasar anak akuntansi, itung-itungannya bener-bener njelimet deh.. ehehe gapapaaa.. toh irit sama pelit itu bedaa, kalo pelit mah ngasih souvenir nya jelek, nah kalo irit tu pedomannya selalu gimana bisa tetep keren tapi low budget, ehehe.. yupz.. aku pake souvenir mangkok.. emang mainstream dan rawan pecah sih, tapi menurutku mangkok itu cukup bermanfaat jadi souvenir gag cuma sekedar buat hiasan tapi juga bisa dimanfaatkan oleh para tamu yang nanti dapet.. jadi aku beli sendiri mangkok-mangkok kecil imut nan lucu di toko grosir, kemudian beli sendiri plastik, aku lap satu-satu, aku bungkus sendiri, aku tempelin kartu ucapan terima kasih, kemudian aku ikat deh pake tali emas.. kaaann, DIY souvenir malah dibuat dengan cinta oleh si pengantin sendiri lhohh :) ini dia prosesnya.. membungkus satu demi satu untuk ratusan tamu..


Kemudian ini hasilnya, gag kalah cantik dari yang pesan kan.. dan ini jatuhnya jauuuuh lebih murah..

Tetep keren tapi low budget, ehehe.. )

1 komentar:

  1. Mbak, beli plastik utk bungkus souvenir + pita emas untuk ngiket souvenirnya dimana ya? Hehehe

    BalasHapus